Breaking News

Auto Exposure, Mode Potret Khusus Pemula



Mode Auto Exposure

Ketika pertama kali Anda menggunakan sebuah kamera kompak / DSLR, saya yakin siapapun dia yang memandu Anda saat itu pasti akan merekomendasikan untuk memotret menggunakan mode Auto Exposure. Mengapa harus Auto?

Auto atau mode apapun yang serupa dengannya adalah cara kerja kamera yang dijalankan dan diatur oleh program. Sedangkan Anda hanya perlu memotret seperti semudah menggunakan kamera ponsel.

Dengan mode auto Anda tak perlu memikirkan banyak hal terkait pengaturan kamera seperti rumitnya menggunakan mode manual. Namun bukan berarti Anda harus terus-terusan bergantung pada mode ini. Ketika Anda merasa sudah memiliki kemajuan maka saatnya Anda menggunakan mode manual.

Untuk pemula yang masih berpegang pada mode pemotretan auto, sebaiknya sambil mendalami ilmu fotografi dasar dan pengembangannya.
Auto (Program) vs Manual (Pengguna)

Mode pemotretan auto bisa dibagi menjadi dua kelompok yaitu auto dasar dan auto khusus. Auto khusus memiliki cara kerja yang sama seperti auto dasar yaitu ditentukan oleh program. Namun auto khusus lebih spesifik disiapkan untuk kondisi tertentu seperti untuk memotret olahraga, kembang api, close up, dan itu tersedia di kamera Anda. Jadi, dengan beberapa pilihan mode auto khusus tersebut Anda tak perlu bingung lagi apa yang harus dilakukan pada kamera saat akan memotret pertunjukan olahraga atau kembang api.

Bila di mode manual exposure (M) untuk menghadapi kondisi seperti memotret olahraga atau kembang api, membutuhkan pengetahuan lebih dalam untuk cara bagaimana merubah settingan kamera agar bisa menghadapi masing-masing kondisi tersebut. Sedangkan pada mode auto telah disiapkan secara khusus program untuk menghadapi kondisi tersebut yang berkerja secara auto.

Tapi perlu Anda ingat, sepandai-pandainya program maka kitalah sebagai pengguna kamera yang lebih bisa memaksimalkan kamera asal Anda memiliki pengetahuan lebih dalam tentang kamera. Dan juga bagi yang mahir dengan mode manual bukan berarti tidak membutuhkan mode auto.

Kesimpulannya bahwa mode auto bukan hanya milik pemula. Seorang profesional adakalanya membutuhkan mode auto untuk mempermudah pekerjaannya dengan kamera. Dan memang akan ada situasi dan kondisi dimana seorang fotografer akan lebih maksimal bila menggunakan mode auto daripada mode manual.

itu. Salam Super
 


Gen99a_red
Sumber

Tidak ada komentar