Breaking News

Mengenal Teknik Depth of Field (DOF) Dalam Fotografi


Depth of Field selanjutnya disingkat DOF adalah ruang ketajaman pada sebuah foto. Yang dimaksud dengan ruang ketajaman di sini bukan hanya soal berapa besar dan kecilnya area fokus pada sebuah foto.

Pada foto di atas fokus diletakkan pada semut dan bola kaca, selain dari itu semua tampak blur. Nah! Area fokus itulah yang disebut dengan DOF. Dan foto di atas termasuk kategori DOF sempit karena fokusnya yang sangat tajam dan jelas terlihat sedangkan area lain tampak sangat blur, dengan begitu sangat jelas pula terlihat poinnya.

Perbedaan DOF Lebar & DOF Sempit

Ada pemahaman yang mengatakan bahwa DOF yang lebar dan DOF yang sempit adalah tidak lain merupakan lebar dan sempitnya area fokus. Pemahaman ini belum cukup untuk menjelaskan tentang DOF besar dan kecil.

DOF yang lebar yaitu bagian yang fokus beserta bagian lainnya pada sebuah foto akan terlihat “hampir sama” bahkan “sama” jelasnya. Meskipun, selain bagian fokus katakanlah ia bagian background akan tampak blur tapi detailnya masih dapat terlihat (tidak terlalu blur) maka ia dikategorikan DOF lebar karena ruang ketajamannya masih kurang.

DOF sempit yaitu bagian fokus pada foto sangat tajam dan jelas terlihatsedangkan bagian lainnya tampak sangat blur bahkan detail pada bagian blur tersebut ikut hilang seperti pada foto di atas.

Agar mudah mengetahui perbedaannya, silahkan Anda perhatikan sebuah foto yang diambil menggunakan kamera ponsel. Pada umumnya foto yang dihasilkan oleh kamera ponsel adalah Depth of Field lebar yang dimana hampir semua bagian foto tampak jelas dan bahkan tidak ada satu bagianpun yang blur.

Jika menggunakan kamera SLR, Depth of Field yang lebar sangat dipengaruhi oleh pengaturan aperture / diafragma. Semakin besar nilai aperture yang Anda gunakan akan besar pula peluang Anda untuk menghasilkan foto dengan DOF yang sempit, begitu pula sebaliknya. Contohnya silahkan Anda perhatikan gambar di bawah ini:


Pada gambar di atas DOF sempit berlaku pada foto sebelah kiri. Sedangkan DOF lebar berlaku pada foto sebelah kanan.


gen99a_red
Sumber

Tidak ada komentar